Tahap Pemasangan Back Mullion System Oleh Kontraktor Aluminium Curtain Wall

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Kontraktor Aluminium Curtain WallKontraktor Aluminium Curtain Wall merupakan kontraktor aluminium yang memiliki spesialisasi atau keahlian dalam mengerjakan pekerjaan pemasangan kaca khususnya untuk area façade. Curtain wall ini biasa dipasang untuk pembungkus area luar sebagai pengganti dinding. Dalam pelaksanaanya sering digunakan untuk penutup bangunan high rise building, kantor, apartemen, ruko dan yang lainnya.

Kontraktor Aluminium Curtain Wall selain mengerjakan façade kaca disamping itu mengerjakan pula untuk façade aluminium composite panel. Pada umumya pekerjaan façade ini adalah kombinasi antara curtain wall dengan aluminium composite panel.

Berbagai jenis dan system pemasangan curtain wall ini disediakan oleh Kontraktor Aluminium Curtain Wall. Mulai dari pemasangan curtain wall stick system sampai dengan unitized system. Dan setiap Kontraktor Curtain Wall memiliki system pemasangan dengan metode langkah pemasangan yang berbeda pula.

Perbedaaan yang dimaksud adalah mengenai spesifikasi dari material itu sendiri yang dipasang oleh Kontraktor Curtain Wall. Untuk menentukan ukuran jenis material ada beberapa factor dan pengetahuan yang mendasar. Salah satunya adalah perhitungan strength calculation untuk menentukan dimensi rangka curtain wall berdasarkan perhitungan beberapa factor penentu, diantara salah satunya adalah win load.

Kontraktor Facade KacaTidak semua Kontraktor Aluminium Curtain Wall memahami tentang perhitungan win load ini dan menerapkan dalam pemasangannya. Untuk mengetahui dan menentukan dimensi rangka curtain wall berdasarkan win load, sehingga sesuai dengan syarat keamanan yang disyaratkan silahkan menghubungi team marketing kami.

Kontraktor Aluminium Curtain Wall atau disebut juga Kontraktor Façade Kaca diwajibkan memiliki keahlian, pengalaman dan team pekerja dengan skill yang cukup baik untuk mendukung jalannya pekerjaan dengan baik. Hal tersebut dimaksudkan agar struktur curtain wall yang dipasang memenuhi syarat keamanan dalam berbagai aspek.

Kami PT. Alumindo Cipta Cakrawala sebagai salah satu Kontraktor Aluminium Curtain Wall atau Kontraktor Façade Kaca selalu mengedepankan factor safety dalam pelakasanaan pekerjaan. Factor safety yang kami maksud adalah melakukan perhitungan yang matang dalam menentukan dimensi rangka curtain wall. Sehingga menghasilkan struktur curtain wall yang aman sesuai dengan syarat perhitungan yang ditetapkan.

Berikut ini adalah tahap pemasangan curtain wall jenis back mullion system :

  1. Pekerjaan Marking, Tahap awal pengerjaan curtain wall adalah proses marking atau penentuan garis bantu dari as bangunan. Proses ini bertujuan untuk membuat bangunan curtain wall agar lurus secara vertical dan horizontal. Sehingga posisi kaca bisa level kesamping maupun keatas. Proses marking ini dilakukan oleh team surveyor dengan alat bantu theodolit maupun benang sipatan.
  2. Pemasangan Bracket, Bracket yang dipasang disesuaikan dengan titik-titik marking yang sebelumnya sudah dibuat. Bracket ini terbuat dari stell/besi yang biasanya berbentuk siku. Pemasangan bisa dilakukan dengan cara embedded (system tanam) atau hanya menggunakan system dynabolt. Hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan struktur yang ditopang oleh curtain wall itu sendiri.
  3. Pemasangan Rangka Mullion, Rangka mullion adalah frame aluminium vertical yang nantinya akan digunakan untuk dudukan/penggantung kaca. Untuk model stick system/back mullion rangka ini diperkuat oleh dua atau tiga buah bracket yang memegangnya.
  4. Pemasangan Rangka Transome, Rangka transome adalah frame aluminium horisontal yang nantinya akan digunakan untuk dudukan/penggantung kaca. Proses pemotongan frame ini harus sangat diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang baik. Karena sifatnya expose, maka jika hasil pemotongan kurang baik akan berakibat adanya gab/celah sambungan antar transome.
  5. Pemasangan Kaca, Setelah rangka vertical dan horizontal selesai dipasang, langkah selanjutnya adalah pemasangan kaca. Sebelum kaca diletakkan pada bagian frame horizontal diletakkan dudukan kaca yang terbuat dari karet yang keras dan biasa disebut sebagai setting block. Hal ini dimaksudkan untuk menahan kaca agar tidak mudah pecah pada saat terjadi muai dan susut.
  6. Pemasangan Lem Kaca/Sealant, Langkah terakhir adalah pemasangan lem sealant untuk merekatkan kaca dengan frame aluminium. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah ketika pemasangan usahakan permukaan kaca dan aluminium dalam keadaaan kering. Disamping itu harus bersih dari kotoran seperti debu. Agar rekatan yang dihasilkan menjadi sempurna.

Kontraktor Curtain WallSedangkan penggunaan curtain wall biasanya adalah untuk :

  1. Pelapis Eksterior Bangunan Gedung
  2. Pengganti Fungsi Dinding Bata
  3. Pelapis Eksterior Bangunan Ruko, Kantor, Mall
  4. Dan Façade kaca yang lainnya

Kami sebagai Kontraktor Aluminium Curtain Wall atau Kontraktor Façade Kaca telah menggeluti pemasangan curtain wall ini selama puluhan tahun. Mulai dari bangunan sederhana dan simple seperti ruko dampai dengan bangunan high rise building. System pemasangan kami semuanya didasari dengan perhitungan strength calculation yang tepat, sehingga menjamin keamanannya.

Jika Anda membutuhkan bantuan jasa ataupun design, kami sebagai Kontraktor Aluminium Curtain Wall atau disebut juga Kontraktor Façade Kaca dengan senang hati akan membantu anda. Khususnya dalam menyelesaikan pekerjaan curtain wall sesuai dengan standard keamanan, standard design dan tentunya bisa dipertanggungjawabkan kekuatannya.

Artikel ini original diposting dan dipublikasikan oleh team PT. Alumindo Cipta Cakrawala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *